PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERBICARA DENGAN BAHASA INGGRIS

Supriyadi Supriyadi

Abstract


ENGLISH

This study aims to describe the application of image media through Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) method to enhance students’ motivation and learning outcomes in English speaking class. In addition, the application of this method toward students which study in small groups and large groups was studied too. This study was conducted in a senior high school called SMA Negeri 3 Pati from January to June, 2017. By involving 32 students from a science class, a classroom action research was carried out in two cycles and it used qualitative and quantitative approaches. Direct observation was done to collect data and later, the data were analyzed descriptively. The results showed that the application of image media through CIRC method can improve the students’ motivation as well as their learning outcomes in speaking class. In addition, the application of this method in small groups of student give better results compared to that of in large group of students.

 

INDONESIA

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar melalui metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar berbicara (speaking) pada pelajaran Bahasa Inggris. Selain itu, studi ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media gambar melalui metode CIRC yang diterapkan pada kelompok dengan jumlah anggota kelompok yang berbeda. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Pati mulai bulan Januari sampai bulan Juni 2017. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA I berjumlah 32 orang. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dengan dua siklus. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif (mix method). Teknik pengumpulan data dengan pengamatan langsung (direct observation) selanjutnya data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi perubahan perilaku belajar dari aspek keaktifan dan motivasi belajar. Lebih lanjut, penggunaan media gambar melalui metode CIRC dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar berbicara (speaking) pada peserta didik. Hasil penelitian juga menunjukkan penggunaan media gambar melalui metode CIRC pada kelompok kecil (siklus II) memberikan hasil yang lebih baik dalam hal meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan dengan apabila diterapkan dalam kelompok besar (siklus II).


Keywords


hasil belajar; media gambar; metode CIRC; motivasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.