PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KONSTRUKTIVISME MATERI LINGKARAN KELAS VIII

Sofia Bardina

Abstract


ENGLISH

This research aimed to develop the valid and effective learning set of mathematics through cooperative learning model of TSTS type character education oriented based on constructivism by CDP of circles materials, and then it resulted an effective and valid learning set. The learning set would be developed were: syllabus, RPP, BPD, CDP, and THB. Data were obtained by observation and test. Data were analyzed descriptively using completeness test, t-test, and regression analysis. The mean scores for validation test were: Syllabus = 4.54; RPP = 4.53; BPD = 4.62; CDP = 4.80 and THB was valid. Field test showed that the learning sets were effective. It was proofed by the completeness of TBH with the average score was higher than 67 (exceeding 75% of total student). Learning activities positively affected 80% of THB. The mean THB of experiment group was 73.36, while that of control class was 55.00. It proofed that experiment group showed higher skill than control group. Based on those results, it can be concluded that the learning set was valid and effective. It meant that the development of learning set succeeded and it was qualified to be used as mathematic learning method in Junior High School level.

 

INDONESIA

Penelitian ini untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Berorientasi Pendidikan Karakter Berbasis Konstruktivisme Berbantuan CDP kelas VIII yang valid dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, BPD, CDP dan THB. Cara pengambilan data dengan observasi dan tes. Data tes diolah dengan analisis deskriptif uji ketuntasan, uji banding t dan uji regresi. Hasil validasi terhadap perangkat pembelajaran valid dengan rata-rata skor untuk Silabus = 4,54; RPP = 4,53; BPD = 4,62; CDP = 4,80 dan THB valid. Uji coba lapangan diperoleh hasil perangkat pembelajaran efektif. Keefektifan, diperoleh dari hasil uji ketuntasan THB dengan rataan nilai > 67 melebihi 75% dari peserta didik, ada pengaruh positif aktivitas terhadap THB sebesar 80%. Rataan THB pada kelas eksperimen sebesar 73,36 sedangkan rataan THB di kelas kontrol sebesar 55,00 sehingga rataan kemampuan kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Dari analisis hasil tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa perangkat adalah valid dan efektif. Hal ini berarti bahwa pengembangan perangkat tercapai dan layak digunakan dalam pembelajaran matematika di SMP.


Keywords


model pembelajaran kooperatif tipe TSTS; pendidikan karakter; konstruktivisme; pengembangan perangkat pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33658/jl.v11i1.63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.