PENERAPAN PENDEKATAN DISCON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TATA NAMA SENYAWA (Studi Pada Siswa Kelas X SMA N 1 PATI)

Idha Nurhayati

Abstract


ENGLISH

Results of studying chemistry class X SMA N 1 Pati from year to year in material Nomenclature Compounds are always low. The research objective was to determine the increase in activity and learning outcomes of chemical compounds on the material Nomenclature for class X MIA 9 SMA Negeri 1 Pati, by applying the approach DISCON (Discovery-Contectual) and games Tameo (Take Me Out). The research method is descriptive with qualitative and quantitative approaches, implemented January to March 2014 in SMA Negeri 1 Pati. The primary source is obtained from class X MIA 9 SMA Negeri 1 Pati consisting of 34 students (24 girls and 10 boys) and partner teachers. While secondary data derived from the study documents. Descriptive data were analyzed qualitatively and quantitatively. Results of the research is the liveliness of students in active and very active categories of the initial condition of 58.82%; cycle 1 of 73.53%; cycles 2 of 91.17%. The average value of 71.35 with an initial condition in classical learning completeness 64.71%; cycle1 of the average value of 76.94 with a classical mastery learning 76.47%; cycle 2 average value of 84.29 with a classical mastery learning 85.30%. Affective value in cycle 1 in the category of good and very good by 70.58%; cycle 2 of 88.23.

 

INDONESIA

Hasil belajar kimia siswa kelas X SMA N 1 Pati dari tahun ke tahun pada materi Tata Nama Senyawa selalu rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar kimia pada materi Tata Nama Senyawa bagi siswa kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Pati, dengan menerapkan pendekatan Discon (Discovery-Contectual) dan permainan Tameo (Take Me Out). Metode penelitian yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dilaksanakan bulan Januari sampai Maret 2014 di SMA Negeri 1 Pati. Sumber primer diperoleh dari siswa kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Pati yang terdiri dari 34 siswa (24 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki) dan guru mitra. Sedangkan data sekunder berasal dari dokumen pembelajaran. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu keaktifan belajar siswa pada kategori aktif dan sangat aktif kondisi awal 58,82%; siklus 1 sebesar 73,53%; siklus 2 sebesar 91,17%. Nilai rata-rata kondisi awal 71,35 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 64,71%; siklus 1 nilai rata-rata 76,94 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 76,47%; siklus 2 nilai rata-rata 84,29 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 85,30%. Nilai afektif pada siklus 1 pada kategori baik dan sangat baik sebesar 70,58 %; siklus 2 sebesar 88,23.


Keywords


aktifitas belajar; hasil belajar; pendekatan discon; permainan tameo; tata nama senyawa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33658/jl.v11i2.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.